Minggu, 01 Januari 2012

SUDAH SIAPKAH MENGHADAPI UN 2012 ?



Ujian nasional  ( UN ) tinggal hitungan hari, sudahkah putra/putri anda mempersiapkan diri menghadapinya.UN tingkat SMA/MA rencananya akan diselenggarakan antara tanggal 16 - 19 April 2012 meliputi matapelajaran matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, Fisika-kimia-biologi ( progran IPA ), ekonomi - sosiologi-geografi (program IPS). UN tingkat SMP diselenggarakan paada tanggal 23 - 26 April 2012 meliputi mata pelajaran matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, IPA (biologi-fisika).


Agar mendapatkan hasil ujian yang maksimal  diperlukan kerja keras dan kerja cerdas untuk mempersiapkannya.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan dalam rangka menghadapi UN diantaranya :
  1. Mempersiapkan materi - materi yang akan diujikan, dengan membuka kembali catatan dan latihan.
  2. Setiap tahun biasanya mendiknas mengeluarkan permen yang isinya kisi-kisi materi yang akan diujikan, setiap siswa diharapkan memilikinya.
  3. Latihan, latihan dan latihan soal-soal ujian nasional karena dengan membiasakan diri melatih soal-soal akan mempercepat kemampuan menyesaikan soal serta melatih daya ingat.
  4. Fokus, kurangi kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan akademik seperti ekskul, main game
  5. menjaga pola makan dan tidur agar pas ujian tetap fit dan dapat berkonsentrasi
  6. Mengikuti pendalaman materi yang dilakukan di sekolah , jika diperlukan mengikuti tambahan di luar dengan mengikuti bimbel, namun biasanya PM dilakukan sehabis pulang sekolah sehingga jika dilanjutkan dengan bimbel akan terasa melelahkan bagi putra/putri anda. solusi yang terbaik adalah dengan memberikan les privat dengan guru privat  ke rumah anda.
  7. Mental, yah ini yang penting tanamkan kapada putra/putri anda bahwa UN bukan hal yang luar bisa, ujian nasional seperti halnya ujian harian/ ujian semester yang membedakan adalah materinya yang dimulai dari kelas 1, yang utama adalah usaha untuk mempersiapkannya. Hasil akhir adalah buah dari persiapan yang dilakukan. UN bukan segala-galanya dan dunia tidak akan KIAMAT hanya karena gagal UN.
Berita Baik nya, Sistem kelulusan saat ini mempertimbangkan dua faktor yaitu ujian sekolah (akumulasi nilai selama 3 tahun -SAS) dan nilai UN dengan porposi 40 % dan 60%  sehingga kemungkinan untuk lulus adalah 99,9% dengan berbagai "faktor" tentunya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar